Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Srikandi PLN dan Komunitas Peduli Lingkungan Berjibaku Kumpulkan Sampah

Giat PLN48 Views

MATARAM (LOMBOKEXPRESS.ID) – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Srikandi PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB turut berperan aktif dalam kegiatan Green Employee Involvement yang diselenggarakan oleh PLN UIW NTB. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 500 peserta, termasuk pegawai PLN, Pemerintah Kota dan Kabupaten, serta berbagai komunitas setempat, yang tersebar di beberapa lokasi di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Srikandi PLN, yang merupakan gugus tugas yang dibentuk untuk membantu organisasi memastikan pelaksanaan program pengarusutamaan gender dan women empowerment di seluruh PLN Group, ikut ambil bagian dalam aksi peduli lingkungan ini. Mereka tidak hanya terlibat dalam pengumpulan sampah di sepanjang pantai dan sungai, tetapi dalam acara ini juga melakukan kegiatan penanaman pohon.

Bersama dengan komunitas seperti Bank Sampah NTB Mandiri, Musuh Bebenes, Kopa Mbojo, dan Bank Sampah Karaso Rasa, kegiatan ini berhasil dikumpulkan lebih dari 3 ton sampah, dengan rincian 1.829 kg sampah organik dan 1.324 kg sampah anorganik. Selain itu, puluhan pohon berhasil ditanam untuk memperbaiki kualitas lingkungan.

Kegiatan yang berlangsung di beberapa titik lokasi, seperti Pantai Tanjung Karang di Lombok, Sungai Taman Ria di Bima, serta Pantai Sepanjang dan Pantai Balad Taliwang di Sumbawa, ini juga dihadiri oleh General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo, beserta jajaran Senior Manager dan seluruh Manager Unit Pelaksana dan Manager Unit Layanan baik di Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa.

Sudjarwo menegaskan bahwa keterlibatan aktif Srikandi PLN dalam kegiatan ini mencerminkan komitmen PLN terhadap kebersihan lingkungan. “Kegiatan ini tidak hanya melibatkan pegawai laki-laki, tetapi juga para Srikandi PLN yang bersemangat dalam menjaga lingkungan. Ini menunjukkan bahwa kesadaran dan tanggung jawab terhadap lingkungan tidak mengenal gender. Selain mengumpulkan sampah, penanaman pohon juga menjadi langkah penting dalam menjaga kelestarian lingkungan,” ujar Sudjarwo.

Baca Juga:  Peringati HPN 2023, PLN NTB Kunjungi Pelanggan dan Stakeholder

Erika, perwakilan Srikandi PLN, menyampaikan rasa bangganya dalam mengikuti kegiatan ini. “Kami sangat senang bisa berpartisipasi dalam aksi peduli lingkungan ini. Sebagai bagian dari Srikandi PLN, kami merasa memiliki tanggung jawab untuk turut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di NTB. Dengan kegiatan ini kami ingin menginspirasi sekitar tentang pentingnya memilah sampah dan menjaga kebersihan lingkungan untuk masa depan yang lebih hijau,” kata Erika.

Alfi Laili Fauziah, sebagai Ketua Srikandi PLN NTB, mengungkapkan, “Keterlibatan aktif Srikandi PLN dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen kami untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dengan mengolah sampah dan menanam pohon, kami berharap bisa menjadi bagian peduli pada lingkungan. Tujuan kami sederhana, menjaga lingkungan agar lebih bersih dan hijau untuk masa depan yang lebih baik.” kata Alfi.

Aksi dari Srikandi PLN mendapat apresiasi dari Aisyah, Pendiri Bank Sampah Mandiri, “Selama sembilan tahun bekerja sama dengan PLN, peran PLN dalam menjaga kelestarian lingkungan sangat luar biasa, terutama dalam pengelolaan sampah. Melalui berbagai inisiatif, PLN telah berkontribusi dalam mengurangi dampak lingkungan dari sampah dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Selain itu, peran Srikandi PLN sangat penting dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui aksi nyata seperti hari ini.” kata Aisyah.

Dengan adanya peran Srikandi PLN, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya mencintai dan menjaga lingkungan. “Kami berharap, dengan peran Srikandi PLN, kita semua semakin sadar dan mencintai lingkungan, mengambil langkah-langkah kecil dalam kehidupan sehari-hari yang dapat memberikan dampak besar terhadap kelestarian lingkungan.” tutup Sudjarwo. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *