PTQ ke-54 RRI Mataram Dibuka, Kepala RRI: Banyak Lahirkan Qori dan Qoriah Nasional

News319 Views

MATARAM-LOMBOKEXPRESS.ID–LPP RRI Mataram menggelar Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) ke-54, Kamis (14/3/2024). Kegiatan ini dibuka Kepala LPP RRI Mataram Yanto Prawironegoro di Aula Tri Prasetya RRI Mataram.

Sebanyak 144 peserta dari kalangan SLTA sederajat, Pondok Pesantren dan Perguruan Tinggi di Nusa Tenggara Barat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Peserta Terdiri dari Tilawah 52 orang, Tausiyah 42 orang dan Tahfidz 50 orang.

Kepala RRI Mataram Yanto Prawironegoro mengatakan, banyak qori dan qoriah nasional dan internasional lahir dari PTQ. Ia mencontohkan qori Muhammad Dong dari Sulawesi dan KH. Muammar ZA dari Jawa Tengah.

Menurutnya, PTQ yang digelar RRI Mataram juga mampu melahirkan qori dan qoriah yang mampu mengharumkan nama daerah hingga ke tingkat internasional.

“Kita berharap dari Kota Mataram, dari Bumi Gora ini akan muncul qori qoriah nasional maupun internasional di masa yang akan datang. Karena banyak qori dan qoriah internasional lahir dari awal karirnya melalui PTQ RRI,” kata Yanto saat membuka PTQ ke-54.

Selain mencetak qori yang berprestasi, Yanto juga berharap kepada para peserta agar dapat menjadikan PTQ ini tidak hanya sekedar perlombaan. Namum, dapat menjadi proses pembelajaran dan pengalaman bagi para peserta kedepannya.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini motivasi adek-adek kita, qori qoriah kita, Tilawah, Tahfidz, dan Tausiah akan semakin berkembang dan menjadi harapan kita di masa yang akan datang,” harapnya.

Ia juga mengungkapkan PTQ yang diselenggarakan RRI sejalan dengan program pemerintah untuk mencipta generasi emas serta paham dan cinta Al Qur’an. “Jadi harapan para peserta akan menjadi orang-orang yang akan betul-betul muslim yang kaffah. Bukan hanya bisa baca Al-Quran tapi juga pandai di Tausiah, dan Tahfidz,” kata Yanto.

Baca Juga:  Putu Dicka, Ketum Baru HIPMI Cabang Lobar

Untuk babak penyisihan PTQ ke-54 dilakukan di Kantor RRI Mataram pada tanggal 14-15 Maret. Sedangkan untuk final digelar di Masjid Islamic Center pada Minggu, 17 Maret 2024 berkolaborasi dengan kegiatan Pesona Khazanah Ramadan. (kim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *