Lebaran Ketupat di Makam Bintaro, Kapolresta: Mari Kita Jaga Kondusifitas Keamanan

News211 Views

MATARAM, LOMBOKEXPRESS.ID – Tradisi Lebaran Ketupat dijadikan  momentum mempererat tali silaturrahmi masyarakat Ampenan (Satu Sampan) menuju Mataram Harum dipimpin Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, S.Sos, MH di Makam Bintaro, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Sabtu (29/04/2023)

Lebaran Ketupat tahun 2023 dengan tema “MA’RIPAT Mataram Religi Ketupat” itu, selain Walikota Mataram dihadiri juga Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SIK MH, Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, Dir Lantas Polda NTB Djoni Widodo, SIK, Asisten 1 Kota Mataram Lalu Martawang. Camat Sekota Mataram, Lurah sekota Mataram, Para FKPD Kota Mataram, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat dengan keseluruhan berjumlah 300 orang.

Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SIK MH mengatakan selain Makam Loang Baloq, Makam Bintaro sebagai lokasi utama perayaan Tradisi Lebaran Ketupat tahun ini bagi masyarakat Sasak Lombok.

Kegiatan lebaran ketupat merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya dilaksanakan di Makam Bintaro dirangkaian dengan berbagai kegiatan yaitu ngurisan. Menaiki Cidomo sampai pantai dilanjutkan menaiki speedbot ke ke pantai Bom.

Perayaan Lebaran Ketupat dipusatkan di dua titik, yaitu di Makam Loang Baloq di Kecamatan Sekarbela dan Makam Bintaro di Kecamatan Ampenan yang dianggap sebagai dua makam keramat di Kota Mataram.

“Mari saling menjaga kondusifitas keamanan dan untuk melestarikan tradisi serta budaya Islami yang tidak ada di daerah-daerah lain,” imbau Kapolresta.

Kegiatan dilanjutkan dengan Belah Ketupat Agung dan Pemukulan Beduk oleh Walikota Mataram yang didampingi oleh Kapolresta Mataram dan Ketua DPRD Kota Mataram sebagai tanda lebaran ketupat dan Menaiki Cidomo sampai dengan pantai. (ang)

Baca Juga:  Enjang Tedi Sampaikan Kabar Baik Soal PMI Ela Lastari: Kita Kawal Sampai Pulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *