Sambut Piala Dunia Sepakbola Putri 2023, Gema Simon Pemain Timnas Putri Australia Beri Coaching Clinic di SMAN 4 Sidoarjo 

Olahraga227 Views

SIDOARJO, LOMBOK EXPRESS. ID– Semangat Australia sebagai tuan rumah Piala Dunia sepakbola Wanita 2023, merambah Indonesia. Jum’at (9/6/2023) Konjen Australia di Surabaya Viona Hogart mendampingi Gema Simon, pemain Timnas Wanita Australia melakukan Coaching Clinic di SMAN 4 Sidoarjo.

“Kami ingin mensosialisasikan sepakbola wanita memiliki peluang yang sama dengan sepakbola pria. Kesetaraan gender dan emansipasi dalam memajukan sepakbola harus dimulai dari usia dini,” kata Viola.

Lanjut Konjen Australia yang masih energik ini, jangan berhenti bermimpi untuk mewujudkan tekad bahwa sepakbola wanita punya peluang sama, termasuk kompetisi dan liga profesional.

“Saya pernah diskusi dengan Bu Arumi Bachsin, istri Wagub Jatim. Beliau sangat menyokong perkembangan sepakbola wanita. Jadi, semua harus terus berusaha dan belajar,” ulasnya.

Kehadiran Gema Simon, pemain profesional Liga Australia dan Timnas 2019 bersama tim Tom Engelhardt (PSSI nya Australia) ada transformasi teknik dan filosofi sepakbola wanita bisa berkembang di Indonesia, khususnya Jawa Timur.

Kepala SMAN 4 Sidoarjo DR. Imam Jawahir MPd, menyambut positif rombongan Coaching Clinic Sepakbola Putri Australia di Sidoarjo.

“Semoga kerjasama ini terus berkelanjutan. Pada event saat ini PSSI nya Australia juga memberikan 40 bola sekaligus diadakan Coaching Clinic,” ujar Imam Jawahir sebagaimana dikutip dalam siaran pers yang diterima Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Menurut Imam, juga Ketua Harian KONI Sidoarjo, kegiatan Coaching Clinic harus terus dilanjutkan untuk merangsang sepakbola wanita lebih baik.

“Kami berharap ke depan juga ada kompetisi sepakbola wanita di Sidoarjo. Sehingga regenerasi pemain bisa munculkan bakat dan talenta yang mampu bersaing di level internasional,” tandasnya.

Dari pengamatan di lapangan, ada 40an siswi yang dilatih dasar-dasar bermain bola oleh Gema Simon.

Baca Juga:  Wayan Aryasatya Suandana M, Juara 2 Turnamen Bali Taekwondo Internasional Championship 2023

“Pengamatan saya ada beberapa pemain cukup berbakat. Kalau ditempa dan terus latihan, tentu punya prospek gemilang ke depan, termasuk menjadi pemain profesional,” tandas wanita berusia 32 tahun dan berjanji akan terus keliling ke manca negara, khususnya Asia untuk mempromosikan sepakbola wanita. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *