Pastikan Kesiapan Sispamkota, Polresta Gelar TGF

Giat Polri338 Views

MATARAM, LOMBOKEXPRESS.ID–Dalam upaya untuk memastikan kesiapan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) menjelang Pemilu Tahun 2024, Polresta sukses melaksanakan Simulasi Tactical Floor Game (TFG). Kegiatan ini berlangsung di lapangan Mapolresta Mataram pada Selasa, 12 September 2023.

Kegiatan TFG ini dipimpin dengan penuh komando oleh Kabag Ops Polresta Mataram, Kompol I Gede Sumadra Kerthiawan SH MH, yang didampingi oleh Kasat Intelkam Kompol Hatta SIP, Kasat Samapta Kompol Supyan Hadi SH, serta disaksikan oleh perwakilan dari Kodim 1606 Mataram, Danramil 01/Cakranegara Kapten Inf. Iwan Suryawinarto, Kasat Binmas AKP Maad Adnan, Kabag Log AKP Sabekti Krisyuwono, perwakilan dari Lanal Mataram, Lanud ZAM, Kabid Tibum Sat Pol PP Kota Mataram Sutrisno, Dishub Kota Mataram, Damkar Kota Mataram, Diskes Kota Mataram, Dit Samapta Polda NTB, dan Sat Brimobda NTB.

Kapolresta Mataram, melalui Kabag Ops Kompol I Gede Sumadra Kerthiawan SH MH, menjelaskan bahwa TFG ini merupakan langkah penting dalam mempersiapkan tahapan dan distribusi wilayah pelaksanaan Sispamkota 2023 menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Simulasi TFG ini bertujuan untuk memberikan pandangan teknis dan taktis, serta strategi bertindak yang cepat, akurat, dan efektif dalam menghadapi potensi situasi darurat atau gangguan sosial selama Pemilu 2024. Penting untuk dicatat bahwa ini hanya merupakan simulasi, dan harapannya adalah agar situasi tersebut tidak terjadi. Fokus utama dari kegiatan ini adalah keamanan individu, baik personel yang bertugas maupun masyarakat.

Lebih lanjut, Kabag Ops Kompol Gede menjelaskan bahwa latihan TFG diperlukan agar semua personel yang terlibat dapat memahami tugas dan tanggung jawab mereka masing-masing, khususnya dalam hal koordinasi yang harus terjalin dengan baik guna menjamin kesuksesan pelaksanaan tugas di lapangan.

Baca Juga:  Empat PJU Polres Lombok Utara Sertijab

Selain itu, Kompol Gede juga menjelaskan tahapan dan distribusi wilayah yang bertujuan untuk memperkuat sinergi antara TNI, Polri, dan pihak-pihak terkait lainnya dalam menghadapi situasi kontijensi yang mungkin terjadi.

Dengan terselenggaranya TFG ini, diharapkan Polresta Mataram dan seluruh lintas sektoral dapat lebih siap dan sigap menghadapi situasi yang tidak diinginkan selama pelaksanaan Pemilu 2024, sambil tetap semangat menjalankan tugas-tugas mereka. (nang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *